Day 3 - EKSPLORASI

Hari ini aku bangun jam 4:44 Aku dan Kaysan disuruh makan sama bu Murni. Pagi itu kita makan nasi, lauknya tahu. Dari keliatannya aku tau tahunya pasti enak. Pas aku nyuap tahu ke mulutku, yang aku rasain cuman rasa asin di mulutku. Aku dan Kaysan langsung tatap-tatapan, kita bisik-bisik "Tahunya asin banget!" "Mungkin gak sengaja ngasih ke banyakan kali?" "Mungkin..." Terus kita lanjut makan. Setelah makan kita mandi pagi. Di Homestay kita itu ada 2 kamar mandi, jadi kalo mau mandi gampang.

Kita kumpul di Homestay Gatotkaca jam 6:30 Di sana kita dikasih tugas untuk ke Pasar Borobudur untuk riset tentang hal yang masing-masing sudah diskusikan kemarin malam. Masing-masing orang akan pisah di pasar untuk riset, tapi pas pergi ke sananya tetep bareng-bareng. Untuk pergi ke pasar kita semua naik sepeda, dan kakak-kakaknya naik motor. Kita janjian untuk ketemuan di tempat parkir sepeda jam 8:30 masing masing yang gak pake jam dikasih handphone untuk ngecek jam. Sampe sana kita semua pisah, aku nyari orang yang jual tempe, tapi di sana itu menurut ku sedikit yang jual tempe. Aku jalan-jalan tapi gak nemu, sebenernya udah ketemu tapi dia lagi sibuk, jadi aku jalan lagi untuk nyari yang lain. Di jalan aku ketemu si Kaysan, katanya dia bingung mau wawancara siapa, jadi kita jalan berdua untuk kerja sama, pas di beras aku nulis Kaysan yang nanya, tapi pas di tempat tempe aku yang nanya Kaysan yang nulis.

Pertama aku sama Kaysan pergi ke tempat beras untuk nanya-nanya, di situ kita liat ada ibu-ibu lagi duduk di sisi gelap tokonya, dia berdiri terus datengin kita, ternyata dia sudah tua sekitar 50-60an umurnya. Pas si Kaysan nanya tentang beras, ibu itu malah jawab dengan bahasa jawa halus yang bikin kita bingung, jadi Kaysan cuman bilang "iya buk.. hehe" terus ibu itu malah bilang "Satu kilo?" si Kaysan bingung dengan kata-kata ibu itu, tapi karna gak enak dia jadi beli 1 kilo yang buat tempat makan dia penuh. Setelah dari tempat beras itu, si Kaysan merasa bingung dengan beras yang dia beli, karna dia bawa tempat makan supaya mengurangi plastik, tapi malah karna kepenuhan dia tetep nyimpen plastiknya.

Kita muter-muter pasarnya untuk nyari orang yang jualan tempe, sampe akhirnya kita nemu orang di dalem pasarnya, ternyata tempe yang dia jual udah jadi, jadi dia gak bikin sendiri pake tangan. tapi dia tau bahan kedelainya dari amerika, kata dia tempe juga ada yang dari kacang hijau, kacang koro. Setelah itu kita jalan lagi untuk nyari toko lain. Kita nemu toko pupuk di samping pasar Borobudur, di situ kita wawancara sama ibu-ibu dan bapak-bapak yang jualan pupuk. Aku sedikit lupa, apa yang mereka bilang karna tulisan ku sedikit random... ಥ_ಥ
Pokoknya mereka jualan banyak pupuk, ada pupuk UREA, pupuk ZA, pupuk Phonska, pupuk Petroganik. Kata mereka pupuk Petroganik itu gak ada kimianya, tapi aku gak yakin, jadi aku cari di google dulu... *ngecek di google*
Kalo kata petroganik.com Petroganik mengandung hara dan c-organik lebih tinggi daripada pupuk organik lainnya, petroganik ini juga punya formula khusus yang disebut "Mixtro". Tapi aku tetep gak tau petroganik berkimia atau enggak ಠಿ_ಠ

Setelah itu aku sama Kaysan jalan-jalan muterin pasarnya. Kita sempet ketemu sama kak Kukuh pas jalan-jalan. Jujur ya, kakak-kakak Jaladwara itu kaya ninja, bisa muncul dari mana ajah, bisa mata-matain kita tanpa kita tau. Kak Kukuh nanya kita mau kemana, kita bilang mau jalan-jalan.
Aku dan Kaysan juga inget kalau kita gak punya tanda terimakasih untuk bu Murni, karna setiap rumah harus bawa satu tanda terimakasih untuk pemilik rumah. Jadi aku dan Kaysan beli pisang ambon (Kalo gak salah), untuk bu Murni
Pas jam 8:30 kita balik lagi ke tempat parkir sepeda-sepeda kita. Di sana ada Yudhis, Ceca, Yla, Fattah, Donna, cuman tinggal Zaky sama Adinda yang belum kumpul.





Karna kita besok mau pindah ke ngringinan kita harus nyewa 2 delman lagi, aku dan Yudhis datengin salah satu delman yang ada di deket kita, aku dan Yudhis nawar harganya, pertama dia gak mau 40 ribu, dia maunya 80 ribu. Aku dan Yudhis langsung bilang "Yaudah, gak usah lah pak." trus dia langsung bilang "Tunggu dek! saya tanya temen saya dulu" trus dia nanya ke temennya, muka temennya berkerut kaya gak mau, bapak ini ke kita lagi "Cah piro to?" aku bilang sambil gaya-gaya bahasa jawa "Cah songo pak." trus dia ke temennya lagi, akhirnya dia mau trus aku bilang "Yaudah pak, sesok yo, jam setengah dlapan, di desa maitan."
Pas si Zaky dateng sama Adinda, kita langsung jalan menuju Rumah Ketela.

Di rumah Ketela kita langsung disuruh duduk, terus pemilik Rumah ketela itu langsung perkenalan sama bapaknya. Di Rumah Ketelah aku nulis cuman sedikit banget karna kurang fokus, biasanya aku kurang fokus kalo laper ಥ_ಥ

(Info di bawah bisa salah, aku cuman nulis seinget ku, karna yang aku tulis di buku cuman sedikit.)
Nama bapaknya (Kalo gak salah loh ya) Bapak Ariswara Soetomo, dia bangun Rumah Ketela ini untuk menghargai tanaman. Dulu dia sempet punya banyak taneman, tapi karna merapi meletus sampe abunya banyak banget, semua taneman dia mati, tapi pas dicabutin cuman taneman yang akarnya umbi-umbian yang selamat (Umbinya doang) terus dia punya ide untuk membudidayakan taneman umbi-umbian. sekarang dia punya lahan untuk taneman langka dan umbi-umbian. Dia juga mau merubah cara orang-orang indonesia menggunakan tepung terigu, dia mau orang orang menggunakan tepung dari singkong, karna tepung terigu/gandum gak baik untuk manusia, ada efek samping dari kebanyakan tepung terigu/gandum. Dia juga ngasih tau kalau total uang yang dikeluarkan orang-orang indonesia membeli tepung terigu impor adalah 16Triliun.
Kita juga dipersilahkan makan makanan yang mereka siapin dari umbi-umbian (Aku gak tau jenis-jenisnya)

Aku juga baca artikel dari web SingkongDay tentang singkong, konsepnya sama kaya Rumah Ketela:


Tanaman gandum merupakan tanaman yang tumbuh di negara subtropis sehingga Indonesia yang merupakan negara tropis terpaksa harus mengimpor setiap tahunnya untuk memenuhi permintaan tepung terigu.

MOCAF merupakan tepung singkong yang termodifikasi karena fermentasi bakteri asam laktat sehingga merubah sifat tepung tersebut. Keistimewaan dari MOCAF adalah dapat mengembang setara dengan pengembangan tepung terigu dengan kadar protein protein sedang. Sehingga penggunaan terigu dapat digantikan dalam pembuatan produk pangan yang tidak membutuhkan adonan yang mengembang seperti biskuit dan roti kering.
(Maaf aku milih fotonya gelap)😃
Disana kita juga
liat pembuatan tepungnya, jadi singkong gak tau udah diapain tapi singkongnya kering dan udah dipotong kecil-kecil terus diolah jadi bubuk yang halus banget. Aku juga sempet megang tepungnya, rasanya di tangan kaya tepung jagung/Maiziena. Katanya web tadi (SingkongDay) karna tepung ini tepung fermentasi jadi bisa buat adonan mengembang juga, kaya tepung terigu tapi tanpa mengandung glutenin dan gliadin. Jadi sebenernya indonesia bisa tidak berketergantungan dengan tepung impor.

Di sana ada yang buat eggroll pake tepung singkong, aku sempet nyoba bikin, bikinnya gampang cuman kasih adonannya ke wajan atau apa itu (Aku harusnya nanya nama merk kompornya) (Eh bukan, nama tempat yang buat bikin roti/waffer itu) trus adonannya kalau udah agak keras digulung selesai. Setelah beberapa kita nyoba kita masuk ke dalem, ada mas-mas lagi ngebungkus saus namanya Vatalak. Vatalak terbuat dari salak pondok sama manisan (Info dari: Zaky)

Setelah kita liat-liat kita ke ladang tanemannya, di sana ada banyak ubi-ubian sampe aku gak hafal (Juga karna aku gak tulis) Habis itu kita ke toko mereka, disitu aku beli eggrollnya karna enak juga ಠᴥಠ
Kita juga sempet foto bersama sama ibu dan bapaknya

Setelah dari sana kita jalan lagi ke Homestay Gatotkaca. Disana kita ditugasin untuk ke 3 Home Industri, ada Tahu, Jetkolet, yang satunya aku lupa apa O.o

Kita semua disuruh untuk nyari makan seklompok, jadi kita gak boleh ngikutin klompok lain. Aku dan Kaysan bingun mau makan dimana, kita sampe ke homestay Gatotkaca untuk nyari yang lain, ternyata gak ada kita jalan lagi nyari, kita sempet pulang ke homestay Srikandi (Tempat aku dan Kaysan) kita tanya bu Murni mana tempat makan yang enak dan murah. Kita di tunjukin untuk ke satu tempat. Sampe di tempat makannya aku Kaysan langsung makan, tapi si Adinda kaya gak mood makan, mungkin dia gak doyan ngeliat makanannya kaya kotor. Tapi akhirnya si Adinda makan juga. Pas aku makan aku liat ada kaya rambut (Banyak!) di tempenya, aku langsung berenti makan tempenya tapi tetep lanjut makan nasinya. Kita bertiga mesen nutri sari untuk minumnya (Padahal udah tau gak baik aku malah ngikut si Kaysan mesen (ツ)_/¯)

Setelah itu kita bertiga jalan lagi nyari Jetkolet. Aku, Kaysan, Adinda untungnya tau dimana Jetkolet, karna kemarin kita kan kesana sama bu Murni. Sampe sana kita ketemu ibu-ibu yang lagi goreng singkongnya, ada juga mas-mas yang lagi motong singkong pake alat pemotong otomatis yang lebih besar dari yang ada di criping telo. Aku juga nanya "Mas, boleh saya nyoba motong singkongnya?" kata masnya "Boleh, boleh asal hati hati ya, pisaunya tajam dan besar." Trus aku nyobain deh (◕🔽◕)
Kata ibu itu mereka dapet singkongnya dari sekitaran (Kuran tau sekitar mana) dia beli pake bakul sebanyak 7-8 kuintal. Mereka kirim kripik singkongnya ke bandung, harganya 1 kilo/15.000
Bedanya Jetkolet sama criping telo mereka gak pake Royco, mereka cuman pake bawang dan garam. Tapi kalo yang rasa balado mereka bumbunya beli, dan mereka nyampur bumbunya di molen (◕▃◕)

Setelah nanya-nanya tentang singkong, kita tanya nama Mas yang jelasin kita sama ibunya, nama masnya itu mas Aji umurnya 23 tahun, kalo ibunya namanya Munjana umurnya 42. Habis itu kita juga beli satu bungkus besar 10.000 harganya.
Baru kita pamit untuk jalan lagi ke Home Industri Tahu.

Aku, Kaysan dan Adinda langsung jalan menuju ke tahu, di jalan tanjakan si Adinda gak kuat sampe ketinggalan jauh. Ternyata si Adinda itu gak tau cara ganti gigi sepeda ( ͝° ͜ʖ͡°)
Aku udah kasih tau dia cara ganti gigi, tapi aku gak tau dia ngerti ato enggak. Sampe di Home Industri Tahu, aku ketemu klompoknya si Yudhis, mereka baru ajah selesai, dia kira kita belom ke jetkolet makanya dia langsung bilang "Loh. Kok lu pada lama banget deh? Pada nyasar?" Aku dan Kaysan pura-pura ketinggalan, kita bilang ke mereka "Iya nih... kita nyasar, kita gak tau tempat jetkolet dimana... lu tau dhis?" si Yudhis bilang dengan sombongnya "Tau lah, tapi gua gak mau ngasih tau ᕕ( ͡° ͜ʖ ͡°)ᕗ"

Di dalem Home Industri itu, aku liat ada 2 ibu-ibu lagi ngegoreng tahu. Kita mau nanya-nanya tapi mereka bilang "Kalo mau nanya, tanya bapak yang punya tuh." sambil nunjuk bapak-bapak yang baru keluar dari ruangan. Bapak itu langsung nanya "Mau nanya apa dek? Harusnya kalian dateng pagi tadi, kalo sekarang kita udah gak bikin-bikin lagi tahunya, paling cuman goreng."
Kita nanya sambil ngikutin bapaknya kesana kemari nunjukin barang-barangnya. Tahu itu terbuat dari kedelai, mereka beli kedelai dari muntilan naik mobil, biasanya beli 20 karung, satu karungnya itu 50KG. Setelah dibikin mereka jual ke muntilan lagi. Kalo cara pembuatannya pertama kedelai di rendam 1 Jam, terus digiling, terus direbus, sebelum disaring didinginin dulu 1 jam baru disaring jadi lah tahu. Kalo udah disaring jadi satu papan, satu papannya kalo aku liat sekitar 3/4 atau 2/3 meter, mereka bikin sehari bisa 120 papan. Jadi kalo dari jam 6 pagi sampe jam 1 siang mereka bikin pake cara yang tadi, kalo gorengnya dari jam 10 sampe jam 4 atau 4:30.

Kalo air yang dari saringan gak dipake jadi di buang, kalo ampasnya bisa buat makan sapi. Katanya asal kedelainya juga dari amerika. Setelah nanya-nanya kita gak lupa nanya namanya, namanya pak Sukarman umurnya 65. Dia mulai kerja bikin tahu sejak tahun 1985. Mereka kerja setiap hari, kecuali hari raya/hari libu. Kesulitan mereka untuk bikin tahu kalo kayunya basah, jadi susah nyalanya, atau listrik padam, karna blower yang buat niup apinya mati, sehingga api gak bisa kenceng jadi gak bisa ngerebus atau ngegoreng.

Setelah itu kita pulang ke Homestay Gatotkaca. Di sana kita diskusi, kita juga sempet lama mikirin mau diskusi untuk menggali pengetahuan atau main bola, mungkin ada 15 menit cuman gara-gara kepengen main bola. Tapi akhirnya kita mutusin untuk diskusi ajah.
Kita diskusi soal Pangan Lokal
Kita di suruh untuk nulis Kenapa penting mengetahui pangan lokal. Yang di bawah ini yang aku tulis;

Supaya:

  • Lebih peduli. (Dengan penjual-penjual kecil)
  • Bsa membudidayakan makanan orang desa/orang jaman dulu yang lebih sehat. (Seperti yang di ajarin di Rumah Ketela)
  • Bisa tau lebih banyak tentang mana yang lebih baik/sehat. (Kaya yang di atas :P)
  • Bisa lebih kenal sama orang desa. (Dengan bertanya tanya kita bisa kenalan juga dengan orang yang kita tanya-tanya)
  • Bisa lebih ngerti keadaan (Sikap orang desa berbeda, lebih perhatian/sopan)
  • Tau kekuatan orang lokal
  • Menyadari seberapa gak sehat makanan modern
  • Mengurangi ketergantungan makanan impor
Kita juga diskusi, Gimana caranya supaya orang seperti pak Muhajir bisa berpenghasilan lebih. Aku inget apa yang kita bahas, tapi aku lupa nama gerakan yang membuat pak Muhajir bisa mendapat uang lebih.

Kita semua pulang ke rumah masing-masing untuk makan malem. Di rumah ku, aku makan nasi sama mie doang.
Setelah itu kita pergi lagi ke Homestay Gatotkaca untuk ngumpul, di sana kita mau pergi ke Candi Mendut naik sepeda. Di jalan menuju Candi, si zaky dan yudhis sepedanya sering banget rusak, yang bikin kita yang di depan kadang kadang bingung yang lain kemana. Setelah ditunggu mereka baru muncul, kejadiannya gak cuman 1 kali tapi berkali-kali yang bikin kita bingung, ditambah banyak yang bunyiin bel pas gak ada apa-apa yang bikin kakak Melly dan kak Inu yang paling depan suka kesel sendiri dikira kenapa-kenapa.

Di Candi Mendut kita bikin kesepakatan untuk gak bunyiin bel pas lagi gak ada apa-apa. Pas di gerbang Candinya petugas yang jaganya bilang "Hari ini lagi gak ada meditasi, karna mereka lagi persiapan untuk acara besok, jadi kalo mau masuk gak bakal ada biksu yang lagi meditasi." Itu sih yang aku inget apa yang dibilang. Karna kita penasaran kita tetep masuk. Di dalem si Yudhis meditasi dan yang lain ikutan, selesai meditasi kita jalan-jalan keliling.

Setelah dari Candi Mendut, kita ke Candi sebelahnya, aku gak tau namanya yang pasti bentuknya kotak besar dan ada ukiran di batu-batunya. Setelah itu kita pulang.
Nah di perjalanan ini aku capek banget! BANGET! Karna jalannya sama kaya jalanan dari Candi Borobudur pas mau pulang, tanjakan semua! Tapi kalo ini lebih jauh dan melelahkan, apa lagi malem-malem ngantuk. Di jalan aku ngerasain nafasku panas kaya lubang hidungku bisa jadi kompor untuk jangkrik. Di sepanjang perjalanan aku gak terlalu sadar apa yang terjadi sampe akhirnya aku sadar lagi pas nyampe di Homestay Gatotkaca. Kita balikin sepeda ke pak Dodo lagi, terus kita balik ke Homestay Gatotkaca. Di Homestay Gatotkaca kita ngobrol, padahal udah di usir sama kakak-kakaknya, kita juga ngomongin yang ngeri-ngeri, cerita horor, ritual si Zaky juga di ceritain. Setelah cerita horor kita baru pulang karna di usir lagi sama kakak-kakaknya Hahahaha.... ─ = ≡ ᕕ( ͡° ͜ʖ ͡°)ᕗ

Habis itu kita tidur. ب_ب

Hari paling melelahkan tapi seru. ب_ب