Tantangan #01 (T01) - Kutipan Perjalanan

Tantangan: mencari kutipan tentang perjalanan (travel quote) yang kamu suka dan dapat menambah semangatmu untuk melakukan perjalanan, serta menampilkannya dengan menarik.

Hasil yang diharapkan: karya dan jurnal yang menceritakan proses riset

Langkah mengerjakan tantangan:
  1. Pahami tantangan, bila belum tahu arti kata “kutipan” coba cari di KBBI
  2. Rencanakan riset, tentukan sumber atau tempat kamu akan mencari kutipan
  3. Kumpulkan informasi, baca kutipan dari sumber yang kamu rencanakan. Coba juga untuk mencari informasi tentang siapa orang mengatakannya.
  4. Pelajari hasil riset, pilih tiga kutipan yang paling menarik menurutmu dan catat apa alasan kamu memilihnya
  5. Cari ide untuk karya, cari alternatif media untuk menampilkan kutipan agar menarik.
  6. Buat karya, pilih satu kutipan dan gunakan kreativitasmu untuk menyelesaikan karyamu.

Cara pengumpulan tantangan:
  1. Tampilkan hasil karyamu dalam blog atau simpan filenya di google drive. Bila menggunakan media non-digital, gunakan foto untuk mendokumentasikan karyamu dan simpan filenya di google drive.
  2. Buat jurnal yang menceritakan proses riset, termasuk alasanmu memilih kutipan. Posting jurnalmu dalam blog atau simpan filenya di google drive. Bila jurnalmu dibuat di dalam buku jurnal pribadi, kamu dapat memotret buku jurnal pribadimu dan simpan filenya di google drive.
  3. Kirimkan tautan karya dan tautan jurnal melalui Formulir Pengumpulan Tantangan.

Kamu bisa berdiskusi dengan orangtua atau kakakmu bila ada kesulitan dalam mengerjakan tantangan ini.


____________________________________
Minggu ini aku di kasih tantangan untuk ngasih paling enggak 3 kutipan, ini 3 kutipan yang aku punya.
Update: Setelah aku liat di beberapa web yang ikut tantangan ini ternyata ada yang sama kutipan nya, salah satunya tata, jadi karena sama aku bukan plagiat kan :o

               1. The world is a book and those who do not travel read only one page.”~ St. Augustin

Pertama aku dapat kata kata ini dari search di googel sih, semua kutipan aku dapat dari google, karena kebanyakan film aku lupa kata kata moral nya.
Jadi yang pertama ini menginspirasi aku untuk mau keluar dan ambil resiko untuk mendapatkan pengalaman. Dari kutipan ini juga mendorong aku untuk berusaha menjadi kan mimpi ku keluar menjadi nyata, supaya aku mendapatkan pengalaman pengalaman yang belum pernah aku alamin.

St. Augustin atau bisa di panggil santo agustinus adalah seorang yang dinobatkan menjadi santo. Dia sempat menjadi Romo dan uskup di dalam hidupnya, dia juga sempat menjadi guru di banyak negara meskipun dia pindah pindah karena tidak nyaman. 

                2. “All journeys have secret destinations of which the traveler is unaware.” ~ Martin Buber

Kenapa aku pilih Kutipan ini? Karena dari kutipan ini aku jadi tau, kalau setiap perjalanan punya tujuan rahasia. Meskipun tujuan kita jalan jalan ke bali, pasti ada tujuan lain dari perjalanan itu, misalnya kita akan bertemu orang yang mau menjadi partner dalam pekerjaan, atau kita bertemu orang yang bisa bantu kita di kedepannya, dan lain lain.

                3. “Man cannot discover new oceans unless he has the courage to lose sight of the shore.” ~ Andre Gide

Aku pilih kutipan ini karna, kutipan ini sekali lagi mendorong aku untuk keluar dan cari hal baru. Selama kita masih di dalam tanah, kita gak akan tahu seindah apa langit. Kalau kita terus berdiam di rumah tanpa ada inginnya explore keluar, kita gak akan tahu apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang ada di luar. Sama halnya seperti kalau belum pernah pergi ke mall, meskipun di ceritakan sampai detil detilnya, orang itu tetap tidak terbayangkan seperti apa itu mall. Jadi meskipun aku sudah mendengar cerita kak inu dan kak melly, tetap saja aku tidak terbayangkan apa rasanya pergi keluar rumah 24 hari.

Semoga tulisan di atas cukup, terimakasih sudah membaca. ^_^